16 Mar 2011

Home » » VIRUS KOMPUTER

VIRUS KOMPUTER

. 16 Mar 2011


Pengertin Virus
Virus komputer adalah sebuah software / program komputer yang dapat mengandakan atau memperbanyak diri nya sendiri dan menyebar ke dalam program atau dokumen lain.

Seperti hal nya virus biologis, virus ini menyebar dengan cara menyisipkan dirinya ke segala penjuru sel makhluk hidup. Begitu juga dengan Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), sampai regestri windows, bahkan ada yang sampai mematikan computer, membuat pengguna komputer merasa terganggu alias nyaho 7 keliling....

Cara KerjaVirus
Virus komputer biasanya menyerang software / perangkat lunak dan tidak dapat menyerang langsung hardware / perangkat keras, namun bisa juga menyerang perangkat keras komputer secara tidak langsung dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Hampir 95% Virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisa nya Yaaa sistem operasi lain yang tidak berbasis windows.


Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan kepada hardware maupun software pada computer atau perangkat-perangkat yang menggunakan sistem software. Virus komputer, dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut :

Jenis Jenis Virus :
*Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer(Harddisk)menjadi penuh akan worm itu.

*Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat sendiri.

*Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.

*Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.

*Roque- merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.

*Rootki - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.

*Polymorphic Virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.

*Metamorphic Virus - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.

*Virus Handphone - Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam, mulaidari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

Cara mengatasi Virus komputer yang bersarang pada komputer kita, adalah dengan cara menggunakan antivirus yang lebih mengetahui tentang virus-virus ini. Atau bisa menggunakan sistem operasi yang berbasis open source seperti linux yang kebal dengan virus.


sumber : www.wikipedia.org

2 Silahkan Like Blog ini:

Sumbalit | Software Collection mengatakan...

mahasiswa teladan = Sama-sama gan... thanks atas kunjungannya..
salam blogger

Blogger mengatakan...

I have used AVG anti virus for a few years now, I would recommend this product to you all.

Posting Komentar

Terima kasih Atas kunjungan anda. Silahkan Berkomentar.
Tapi Jangan Spam, akan kami delete

!! Yang Membangun dan Sopan, Akan menggambarkan Ahlak anda !!

 
Copyright 2010 Software Collection | Blogger | Google