Banyak orang kerap menggunakan bahasa tubuh atau gestur ketika nggak bisa berinteraksi secara verbal dengan orang lain. Gestur juga dilakukan untuk mempertegas apa yang ingin disampaikan, termasuk difungsikan sebagai kode atau isyarat untuk tujuan tertentu. Nah, gestur dengan menggunakan isyarat atau gerakan tangan adalah salah satu yang paling sering diandalkan. Misalnya, kebanyakan orang Indonesia akan mengacungkan jempolnya untuk menyatakan setuju atau menunjukkan antusiasme.

Tapi, tahukah kamu kalau isyarat tangan itu punya makna yang berbeda-beda di setiap negara? Bisa jadi isyarat tangan yang umum diartikan sebagai emosi positif, justru berarti jelek bagi orang yang berasal dari negara lain atau bahkan menyinggung perasaan mereka. Berikut panduan isyarat tangan yang telah Hipwee News & Feature rangkum khusus buatmu. Awas, jangan sembarangan mempraktikannya, ya!

1. Membulatkan jempol dan telunjuk biasa digunakan untuk menyatakan ‘oke’. Namun di Prancis, isyarat ini berarti nol besar, bahkan sangat kasar dan merendahkan orang lain di Brasil